Tazkiatun Nufus: Ikhlas

24 Nov

Ikhlas: Agar Ibadah Diterima
Oleh Ustad Muhammad Nuzul LC

Alhamdulillah washshalatu wassalam ‘ala Rasulillah wa ba’du..
Ikhlas secara bahasa/etimologi adalah murni.

Secara istilah/terminologi : mengesakan Allah dengan niat kita ketika mengerjakan amal shalih.

Ikhlas merupakan syarat diterimanya amal ibadah kita yang sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: (Sesungguhnya amal ibadah itu tergantung niatnya dan setiap orang akan diganjar sesuai dengan niatnya)HR bukhari dan muslim.

Hal ini memberikan faedah penting bagi kita bahwa niat ikhlas tidak berlaku pada sebuah kemaksiatan dan kebid’ahan apalagi kesyirikan. Oleh karena itu para ulama mengingkari seseorang yang beribadah hanya bermodalkan niat ikhlas tanpa memperdulikan kesesuaian amalnya dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, seperti yang dikatakan Imam Syafi’i: Barangsiapa yang beramal hanya bermodalkan niat baik maka dia telah membuat syari’at baru.

Salah satu point pentingnya adalah ikhlas tdk berfungsi d setiap aktifitas/pekerjaan yg qt lakukan seperti yg diduga olh sebagian orang yg hny bermodalkan:”yg penting niat saya kan baik/ikhlas”,tp ikhlas hanya berfungsi dlm amal/ibadah yg sesuai dgn sunnah(cara) rasulullah shallallahu alaihi wa sallam

Tanya: ‎​Stadz, afwan, apa benar iklas itu diibaratkan spt kita buang air besar, yang tidak pernah memikirkan apa yg kita buang. Begitu juga dalam beramal, tidak ada yg harus kita pikirkan?

Jawab: Tdk benar, krn ikhlas mengandung apa yg dikatakan ibnul qoyyim:krn cinta kepada ALLAH,mengharapkan surga ALLAH dan takut dr adzab ALLAH.dan saya bs pastikan tdk ada satupun diantara qt ketika buang air besar terbesit di benaknya hal” diatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: