Adab-Adab Berteman

15 Nov

Adab-adab Berteman

1. Niat yg shalih agar dapat saling membantu dalam kebaikan dunia dan akhirat, dalam ketaatan dan saling memberi nasehat.

2. Mengambil teman yang shalih. Sebagaimana sabda Nabi: “Janganlah kamu berteman kecuali dengan mukmin (Abu Dawud 4832).

3. Cinta dan benci karena Allah. Sebagaimana sabda Nabi: “Sekuat-kuat tali iman adalah memberikan loyalitas dan permusuhan karena Allah, dan cinta dan benci karena Allah”. (Ahmad 4/286 dan dihasankan oleh syaikh Al Bani dalam silsilah shahihah no 1728).

Cinta dan benci karena Allah artinya kita mencintai sesuai dgn kadar Keimanan dan ketaqwaan dia kepada Allah, semakin bertaqwa semakin bertambah cinta kita kpdnya dan semkin jauh dari taqwa semakin berkurang juga cinta kita kpdnya, demikian pula benci.

Dan ini disebut cinta syar’i, adapun cinta tabiat maka ini dimaafkan, seperti cinta kepada bapak dan ibu walaupun keduanya kafir selama cinta kita bukan karena agamanya tapi sebatas cinta seorg anak kpd ortunya

4. Mengabarkan kepada saudara yg kita cintai karena bahwa kita cinta kepadanya karena Allah. Sebagaimana dalam hadits: “Apabila seseorng mencintai org lain, hendaklah ia mengabarkan kepadanya bahwa ia mencintainya karena Allah”m (Ahmad 4/130).

Tapi ini khusus utk ke satu jenis dan bukan ke lawan jenis
Bahayyyya

Dan org yg dikabari hendaklah mengucapkan: ahabbakaladzi ahbabtanii fiihi (semoga Allah mencintaimu sebagaimana kamu mencintaiku karenaNya).

5. Mengucapkan salam dan menjawab salam. Sebagaimana sabda Nabi:”hak muslim atas muslim lainnya ada enam: apabila bertemu hendaklah mengucapkan salam”. (Muslim).

6. Menjenguknya ketika sakit. Karena ia termasuk hak muslim atas muslim lainnya. Adapun adab-adabnya akan dibahas nanti

7. Mendatangi undangannya. Karena ia termasuk hakhak muslim atas muslim lainnya. Dan mendatangi undangan hukumnya wajib kecuali bila ada maksiat dalam acaranya

8. Memberikan nasehat. Karena ia termasuk hakhak muslim atas muslim lainnya.

9. Mendoakannya ketika bersin. Karena ia termasuk hakhak muslim atas muslim lainnya. Dan ini jika yg bersin mengucapkan alhamdulillah dan jika tidak maka tidak

10. Menerima hadiah dari teman kita. Sebagaimana dalam hadits: “Datangilah undangan dan jangan menolak hadiah”. (Ahmad 1/404 shahih jami’ no 158).

Bersambung ke sabtu depan

Tanya: Mohon dijelaskan kriteria membenci karena Allah
Jawab: Masalah benci karena Allah insya Allah ana akan bahas di materi aqidah : batasan-batasan dalam walaa dan baraa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: