Pengertian Ushul Fiqih

6 Okt

Ushul fiqih adalah ilmu utk menngenal dalil-dalil fiqih yg bersifat global, dan tata cara berdalil dgnnya serta mempelajari keadaan org yg berdalil (Karena ushul fiqih juga mempelajari keadaan org yg berdalil seperti syarat-syarat mujtahid, mufti, hakikat ijtihad dan taqlid).

Perbedaan antara ushul fiqih dan fiqih:
Ushul fiqih membahas dalil-dalil fiqih yg bersifat global secara terperinci, Sedangkan fiqih membahas hukum-hukum syari’at ‘amaliyah yg diambil dari dalil yg terperinci.

Perbedaan antara ushul fiqih dan kaidah fiqih:
Ushul fiqih bersifat menyeluruh sedangkan kaidah fiqih hanya mencakup bagian trtentu saja. Ushul fiqih sudah ada sebelum permasalahan fiqih ada, sedangkan kaidah fiqih baru muncul stelah ada permasalahan fiqih.
Tema pembahasan ushul fiqih adalah dalil-dalil global yg menyampaikan kepada hukum-hukum syari’at ‘amaliyah, mengetahui derajat martabatnya, dan tata cara memutuskan hukum syari’at darinya.
Seperti pembahasan apakah dalil itu bersifat umum, khusus, mutlak, atau muqayyad dst.

Faidah mempelajari ushul fiqih:
1. Mengetahui bagaimana tata cara memutuskan hukum (istinbath) untuk berbagai permasalahan yg trjadi.
2. Tidak mungkin menafsirkan Al Qur’an dan menjelaskan hadits bila tidak menguasai ushul fiqih.
Jadi ilmu ushul fiqih adalah general semua ilmu.
Sebelum kita membahas kaidah fiqih, kita akan membahas ushul fiqih dulu. Kita mulai dari pembahasan hukum syari’at. Hukum menurut ushul fiqih adalah khithab (wahyu) Allah yang berhubungan dengan perbuatan mukallaf yang bersifat iqtidla (permintaan), atau takhyir (pemberian pilihan) atau wadl’u (keadaan). Jadi menurut ushul fiqih hukum itu adalah khithab (wahyu) itu sendiri. Sedangkan menurut ilmu fiqih, hukum itu adalah pengaruh dari dalil itu seperti hukumnya wajib, sunnah, haram, makruh dan mubah.

Hukum terbagi menjadi dua
:
Hukum taklifi yaitu khithab (wahyu) Allah yg berhubungan dgn perbuatan mukallaf yg bersifat iqtidla (permintaan) atau takhyiir (pemberian pilihan). Iqtidla (permintaan) itu berupa perintah atau larangan, karena kita diminta untk melakukan atau meninggalkan. Sedangkan takhyiir biasanya disebut mubah, karena kita diberi pilihan antara melakukan atau meninggalkan.
Kedua adalah hukum wadl’iy yaitu khithab Allah yang berhubungan dengan menjadikan sesuatu itu sebab utk yang lainnya atau syarat atau penghalang atau rukhsah atau ‘azimah. Contohnya terbenamnya matahari adalah sebab masuk wkt maghrib.Contohnya juga wudlu adalah syarat sah shalat dsb.

Tambahan:
‘Azimah itu kebalikan dari rukhsah. Contohnya, ketika hujan kita diberi rukhsah utk tidak pergi ke masjid, tapi trnyata kita ttap pergi ke masjid walaupun hujan, berarti kita mengambil ‘azimah.

Tanya: Berarti azimah ni bsa bermakna lebih أَفْضَلُ stad?
Jawab: Tidak, ‘Azimah bisa diartikan mengambil yg lebih berat. Para ulama berbeda pendapat apakah mngambil ‘azimah lebih afdlal atau mengambil rukhsah.
Tanya: Tapi tidak sama dg takaluf khan tadz?
Jawab: Tidak sama, takalluf itu memberat-beratkan diri sesuatu yg tidak berat.
Sebagian ulama brpndapat bahwa mengambil ‘azimah lebih afdlal, sbagian lagi mengatakan rukhsah lebih utama berdasarkan hadist: Sesungguhnya Allah suka untuk didatangi rukhsahNya.
Tanya: Berarti ada kemungkinan/potensi takalluf itu jatuh ke bid’ah ya ustadz.
Jawab: Bisa jadi
Tanya: Jd yg rojih kita ambil rukhsoh ato ‘azimah tadz. Trus apakah ada sunnahnya klo hujan pas sholat Maghrib bs dijama’ dg sholat Isya.
Jawab:

2 Tanggapan to “Pengertian Ushul Fiqih”

  1. Lies Widyawati Oktober 8, 2010 pada 6:47 pm #

    assalammualaikum warahmatulahi wabarakatuh

    alhamdulillah, ana sangat bersyukur dengan adanya blog ini, memudahkan bagi ana untuk mengikuti kajian dan buah karya dari para ustadz manhaj salaf. utamanya ustz Yahya Badrusalam.
    semoga blog ini juga memberikan mendapatkan barokahNya, amiiin ya rabbalalamin.

    wassalammualaikum warahmatulahi wabarakatuh
    lies

    • Pecinta Kaum Salaf Desember 14, 2010 pada 3:35 am #

      waalaikumsalam warahmatulahi wabarakatuh…
      semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: